RR ROY – JALAN2-DI-BANTEN-(Ujung-Kulon-dan-Sawarna)

22 Juni 2010

JALAN-JALAN DI BANTEN

Niat untuk jalan menyusuri wilayah Provinsi Banten sebenarnya ingin dilaksanakan pada minggu lalu, namun terpaksa ditunda karena anakku sedang ulangan. Sore hari jelang malam sepulang kerja Jum’at 18 Juni baru bisa terlaksana. Target awal adalah menginap di Bakauheni Lampung dan kembali paginya ke UK, namun sepanjang perjalanan menuju Merak terus menerus berjalan dalam kondisi basah… Sampe di Cilegon ujan masih deres juga… hhh terpaksa cari penginapan dikarenakan badan dah kedinginan dan mata sepet banget kesiram air bercampur lumpur yang sering menyiprat kemuka dan mata dari ban-ban truk besar yang dilalui.. Rencana menginap di Bakauheni pun batal demi hukum.

Pagi hari sekitar pukul 10 jalan lagi melintasi Anyer, Carita dan Labuan menuju wilayah Ujung Kulon. Suasana segar diseling panorama pantai menyapa disepanjang jalan pesisir barat Banten. Jelang tengah hari sampai diwilayah Pasar Citeureup, liat peta dan coba menyimpang jalan sedikit menuju Tanjung Lesung… Pantai di Tanjung Lesung terlihat sangat menarik dan indah, sempat berbincang2 dengan rombongan Petouring dari komunitas biker Hotel Borobudur yang salah satunya pengendara Pulsar juga yaitu Bro Temi… Ternyata mereka telah menginap dilokasi ini sejak malam sebelumnya dan tujuan utamanya mancing ikan…

Tak lupa menjemur Rompi….

Dari Tanjung Lesung kembali ke Pasar Citeureup, dan kali ini menuju ke wilayah Ujung Kulon. Jalan menuju lokasi ini melalui Cigeulis, Cinangka, Cibaliung, Cimanggu dan Sumur. Kondisi jalan baik sampai mendekati Sumur dan sedikit offroad sebelum Sumur. Tanya-tanya ke Penduduk sekitar untuk nyebrang Ke Pulau Peucang… ternyata biaya sewa perahu lumayan mahal…. Ya sudah… balik saja…

Jemur Rompi lagi….

Gerimis mulai turun dan perjalanan dilanjutkan ke wilayah selatan Banten melalui Cikeusik, Situ Potong dan Binuangen. Jalan didaerah ini lumayan off-road dan kadang berbatu-batu… melintasi lokasi penebangan pohon di hutan wilayah Cikeusik… hhh, banyak pohon yang tergeletak tak bernyawa di pinggir jalan.

Masuk wilayah Malingping sudah bisa nyaman karena jalan dah kembali mulus dan hujan sudah reda. Dari Malingping menuju Cihara dan Bayah, disuguhi pemandangan yang mempesona dari pantai yang masih asri dan juga bukit-bukit hijau serta sawah di sekitarnya….

Resigzed Image Click this bar to view the full image.

Resigzed Image Click this bar to view the full image.

Resigzed Image Click this bar to view the full image.

Jelang sore hari, tiba di Bayah dan mencari penginapan dilokasi ini. Pagi harinya berangkat lagi menuju Sawarna. Cuaca sangat cerah dan sepanjang jalan disuguhi panorama alam yang sangat memukau.

Resigzed Image Click this bar to view the full image.

Foto diatas dari bukit diwilayah Sawarna, tampak dari kejauhan samar-samar terlihat Tanjung Layar .
Foto dibawah adalah turunan curam menuju Sawarna…

Resigzed Image Click this bar to view the full image.

Foto dari bawahnya….

Resigzed Image Click this bar to view the full image.

Sampai juga di pesisir Sawarna, tampak perpaduan dari langit yang biru, Bukit yang hijau, Pohon Kelapa yang melambai-lambai, Pantai yang jernih dan juga hamparan sawah….. indahnya………..
…….INDONESIA TANAH AIR BETA…..

Resigzed Image Click this bar to view the full image.

Penduduk sekitar menginformasikan kalau ada Beberapa Gua yang bisa dikunjungi yaitu Gua Langit dan Gua Lalay….. mampir dulu ke gua Langit….

Tempat parkirnya ada lhooo, aman?? Entahlah…

Jalan menuju goa Langit..

Susur Pantai untuk ke Lokasi…

Parkir didepan gua, motor ngga bisa masuk sampe depan gua karena terhalang tumpukkan kotoran yang terbawa oleh ombak pantai di muka gua..….

Futu didepan gua Langit, ada yang aneh dengan futu itu… ntah apa dan mengapa???

Bau Guano (kotoran kelelawar) menyengat banget di pintu gua masuk, sehingga urung untuk masuk kedalam gua. Lagipula air laut sudah mulai pasang… buru2 kembali susur pantai lagi kedaerah aman. Butuh tenaga ekstra untuk keluar dari jebakan pasir halus.. fiuhhh….

Leyeh-leyeh dulu di tebing batu dan tentunya di lokasi yang aman dari kejaran ombak….

Leyeh-leyeh usai, saatnya menuju Tanjung Layar…
Jalan menuju lokasi ini pastinya legendaris banget yaaa???

Beruntung ngga ketemu Bro Funka saat lewat jalur ini, kalau ngga bisa tabrakan dehh….

Sampai juga di Tanjung Layar…

Resigzed Image Click this bar to view the full image.

Dari Tanjung layar, ingin juga ke gua lalay namun mengingat bau guano yang ajib banget perjalanan dilanjutkan saja menuju daerah Pelabuhan Ratu… Ada Spot menarik didaerah Bukit Habibie sebelum sampe di Cisolok…
Nun jauh dibawahnya adalah Pelabuhan Ratu dari kejauhan.

Jemur Rompi lagi….

Bukit Habibie dari kejauhan….
Resigzed Image Click this bar to view the full image.

Melintasi Cisolok Pelabuhan Ratu, tampak pantai sangat sesak oleh pengunjung yang sedang berlibur, lanjut saja menuju Bogor melalui Cikidang… Sampe rumah cuci motor dan bubu untuk merencanakan perjalanan touring berikutnya..

Sekian…
Roy
BP3456

Catatan:
Km tercatat : 612 Km
Bensin terpakai: 85 ribu..
Last edited by Roy; 24-Jan-2012 at 11:51 AM.
YM n Facebook : blackpulsar3456@yahoo.com
Telp: 0856 9320 6723

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *