RR Jogja Mike

Touring Semprulers ke Jogja
Akhirnya nulis RR juga. Udah banyak perjalanan ama Prides tapi belum pernah nulis RR sama sekali. Maklum bukan orang typenya suka mendokumentasi dan bikin report. Jadi sebelumnya kalau ada kekurangan dalam hal penulisan mohon maaf ya

Touring kali ini sebenarnya dapat ide dari touring bareng Kloter Galau pra Jamnas Prides 3 tahun lalu. Bareng beberapa Priders ngadain touring ke lokasi Jamnas sebelum Jamnas diadakan. Tahun ini rencana awal juga sama. Beberapa Priders ngobrol sana sini untuk nentuin waktu kapan berangkat. Akhirnya dipilih tanggal 17 Agustus yang kebetulan berdekatan dengan hari lebaran.

SIT alias Surat Ijin Touring dari wakapolda pun sudah diteken, jadi tinggal nunggu hari keberangkatan. Eeee, dua hari sebelum keberangkatan dapat info dari atasan kalau selama lebaran, bungker kantor harus ada yang jagain alias stand by. Dan akhirnya gw kena jatah piket selama lebaran gubraaaak .. Imbasnya jalan ke Timur dibatalin. Ya udah mau gimana lagi, yang penting bisa ngaspal bareng-bareng Priders lain sudah seneng hehehehe…..

Beberapa hari sebelum keberangkatan, konfirmasi ama temen-temen yang akan berangkat ke Jogja. H-2 akhirnya dikonfirmasi 7 motor siap berangkat ke Jogja. Rencana kegiatan selama di Jogjapun sudah diatur dengan sempurna. Tour Guide selama di Jogjapun sudah dibooking plus penginapan dengan harga gratis tis tis tis hehehehehe. Mau tau sapa tour guidenya? Kalau mau tau, coba Tanya ama Yoyon di trit saya bertanya

Akhirnya H-1 di depan mata, touring syndrome sudah terasa banget di badan. Kerja di kantor udah gak fokus pingin pulang cepet. Sampai-sampai tas kerja keluapaan di rumah. Akhirnya diputuskan pulang kantor cepet . Sampai rumah packing, nyiapin motor, ama mulai nyiapin badan.
Sesuai Perjanjian Kloter Sempruler yang telah ditanda tangani bersama 7 Semprulers, ETD ditentukan jam 03.00 tangggal 17 Agustus 2012 di MKT (sekalian kopdar). Berangkat dari rumah jam 01.00 pagi. Sampai di MKT jam 01.30. Anggota Kloter Semprul sudah pada datang duluan karena ikut kopdar. Kita tinggal nunggu 2 anggota lagi.

Nah ini awal cerita Kloter Semprul jadi bener-bener semprul, dari awal sudah disepakati bahwa kita akan lewat jalur selatan. Tapi pada saat sidang paripurna anggota Semprulers sebelum keberangkatan memutuskan untuk melewati jalur Utara. Dan keputusan sudah tidak bisa diganggu gugat apalagi mau dicabut. Kalau mau menentang keputusan silahkan demo dulu. Karena tidak ada yang demo ya artinya Jalur Utara sebagai jalur yang akan dilalui.. Dasar semprul

Karena jalur Utara yang akan dilewati, tikum dengan 2 anggota Semprulers digeser ke Mc D Buaran. Jam 3 lebih (pasnya coba tanya di tritnya Yoyon lagi yak hahahahahaha), Kloter Semprulers merapat ke Buaran dengan pengawalan ketat om Welex (padahal dikawal gara-gara gak ada yang tau jalan keluar ke Pantura dari Buaran. Maklum namanya juga Semprulers hahahaha). Setelah anggota Semprul lengkap, diadakan briefing, penentuan posisi riders dan ditutup dengan doa dan akhirnya stater motor masing-masing

Jam 04.00 akhirnya Kloter Semprul beranggotakan 7 Semprulers berangkat dari Buaran menuju Jogja. Dalam perjalanan dari Buaran sampai keluar Bekasi tidak ada masalah alias no problem alias lancar jaya. Eeeeee sebelum by pass Kerawang lalin sudah mulai macet cet. Sempet kaget juga kok macetnya segini parahnya. Sampai di by pass Kerawang sudah mampet peeeeeeet Akhirnya lalin diarahkan masuk kota. Gak tau gimana, terus lalin dibuang ke kanan masuk ke kampung2. Setelah itu lalin sudah berhenti gak gerak sama sekali.

Karena tangan udah kemeng pegang kopling dan kita mentaati pesan polisi yang bunyinya:” Apabila anda lelah, lapar dan mengantuk, sebaiknya istirahat dan makanlah.” Akhirnya kita istarahat di Indomart sambil menikmati pemandangan macet. Jam menunjukkan sekitar jam 9 pagi. Kita waktu di Indomart sebenernya sudah disaranin ama tukang parkir sebaiknya ambil jalur belok sebelah kanan. Tapi Suraji bilang, kita ambil kiri aja karena yang ke kanan jalurnya muter. Ya udah kita lanjut ikut macet2an. Gak berapa lama jalanan sempat lancar. Dalam hati seneng banget, gak salah milih jalur ini. Di jalur ini sempat ada kejadian 2 motor tabrakan tapi langsung ditolong warga setempat. Setelah selesai ditolong langsung lanjut lagi.

Baru lancar 10 menit, jalur di depan mampet lagi. Kekacauan jalur mudik dimulai. Jalan bisa maju sebentar terus berhenti 2-5 menit. Udah gitu debu ama panas banget. Jam 12.00 siang, perut gw udah minta diisi makan siang. Badan udah keringatan, haus, capek ama lafeeer. Group sempat kepisah. Gw paling depan saat itu, liat di sebelah kanan ada lahan parkir yang cukup buat kloter Semprul, ya udah berhenti disitu. Sekalian istirahat ama regroup. Akhirnya kita gelar karpet, ada yang buka baju, sambil tidur bentar. Mc Gerald misah dari rombongan ambil jalur lewat tengah sawah.

Waktu istirahat sempet kita bercandaan, yuk balik Jakarta aja. Gw bilang, ngapain balik Jakarta, 12 jam arah balik ke Jakarta kita udah bisa sampai Jogja… Eh gak taunya.. Kita udah gak ambil pusing jam berapa mau sampai Jogja, dinikmati aja. Kita sempat ngeborong Pop Mie 8 biji (beruang pada kelaparan hahahahahaha). Cari minum gak ada pada habis semua. Jalan masih macet parah, waktu itu ada bis lewat disamping tempat kita istirahat. Kita bilang, kita akan berangkat kalau bis itu ngelewatin tiang Sutet (jaraknya 300-400 meter di depan kita). Kita tungguin ampe bisnya lewat, kok gak lewat-lewat tiang Sutet. Ya udah kita putuskan jalan jam 13.00. Kita juga liat jalan udah mulai bergerak. Tapi waktu kita ikut gabung, jalan ternyata masih macet juga. Ternyata jalan 300-400 meter di depan terlihat kosong karena ada efek fatamorgana

Waktu itu kita dapat info kalo Pantura sekitar 1,6 km lagi. Dalam pikiran gak jauh aah semangaaat.. Tapi ternyata 1 jam baru ketemu Pantura. Pantura ternyata mamfeet jugaaaa.. Di sini, rombongan terpisah jadi dua group. Gw, Yoyon, Reno ama Mbon bisa keluar dari macet karena lewat jalur kanan yang baru dibuka ama Petugas. Perut rasanya lapar lagi, ada pom bensin di sebelah kanan, kita berhenti lagi (sebelum fly over ke Subang). Karena kita selalu ingat pesan pak Polisi: ”Apabila anda lelah, lapar dan mengantuk, sebaiknya istirahat dan makanlah.”hahahaha… Ternyata ada CFC di depan mata alias Cikampek Fried Chicken hihihihi.. Kita makan sambil ngeborong minum. Orang 4,minumnya bisa 10 Orang2 disebelah pada ngeliatin,mereka pikir ini orang habis macul dimana hehehehe… Kita istirahat sambil menikmati kerusuhan di pom bensin. Pemudik pada berebutan ngisi Premium. Slangnya yang dibuka cuma satu, yang antri sampai ratusan. Ada juga pemudik yang sudah 24 jam disitu

Kita kontak2an ama group yang lain, ternyata mereka sudah di depan dan mereka juga lagi istirahat. Jam 15.00 akhirnya kita jalan ambil arah ke Selatan lewat Subang turun ke Majalengka terus Banjar. Keputusan kali ini tepat (sekali-kalinya tuh bener kekeke), jalur ke arah Subang lancar Jaya. Sesuai keputusan Semprulers, kita tikum di dekat Bajaj Subang. Pas banget ada Indomart yang ada kolam renangnya. Beh, rasanya pingin banget nyemplung…. Kita sepakat untuk rehat dan lagi-lagi sambil makan Pop Mie.

Jam 18.00 kita siap jalan lagi. Sebelum berangkat kita ketemu anak-anak Byonic Subang. Ternyata mereka kopdarnya disitui juga. Kita saling kenalan, tuker nomor ama kasih sticker Prides. Setelah itu kita langsung lanjut ke arah Majalengka. Jalan lancar banget, dalam hati Jogja sudah di depan cuiiii. Sebelum sampai di pertigaan Majalengka, jalan agak macet. Group terpisah lagi. Gw, Yoyon, Mc Gerald ama Mbon. Mc Gerald yang jadi RC, yang dibelakang pada ngikut karena Mc. Gerald ada GPS. Kita sempet kejar2an ama Fortuner Patwal yang minta jalan. Gw pikir kalo kita sampai dibelakang mobil patwal, bisa sampai di Majalengka telat banget. Dengan kekuatan Pulsar dan CBR, kita jalan seperti yang buka jalan buat mobil Patwalnya

Akhirnya RC memutuskan istirahat lagi di Indomart, waktu itu jam 21.00. Sekali lagi karena kita selalu ingat pesan pak Polisi: ”Apabila anda lelah, lapar dan mengantuk, sebaiknya istirahat dan makanlah.”hahahaha.. Sambil ngecek posisi Semprulers yang lain dimana, sekalian kita makan malam. Cek latitude, pas kita liat posisi kita dimana, kita kaget banget. Lah kok kita mengarah ke Cirebon lagi? Wah ada yang salah nih. Kita bisa balik ke arah Pantura lagi. Ooooh tidaaaaak

Kita langsung adakan rapat tertutup darurat dan mencoba cari jalan potong ke arah Majalengka lagi. Bukan Semprulers kalau tidak mendapatkan solusi. Kita kontak dengan group Semprulers yang lain dan menentukan tikum berikutnya di alun-alun Banjar. Kita jalan lewat hutan, jalan udah kecil udah gitu gelap lagi. Akhirnya kita kembali ke jalan yang benar Sempat ada jalur mereng-mereng, Yoyon ama mbon udah gas puuool. Gw ama McKel nyantai dibelakang sambil nahan mata yang udah tinggal nutup doang. Sempet kita rehat buat mere mama ngorok bentar hahahaa. Perbedaan waktu rute yang kita ambil sama rute tim semprulers yang lain bisa 1 jam lebih xixixixi.. Dasar semprul…

Akhirnya pas jam 01.00 kita sampai di alun-alun Banjar. Disana group semprulers yang lain sudah menunggu dengan setia sambil rokokan wkwkwkwk.. Kita rehat, makan mie ayam ama minum teh panas. Mie ayamnya rasanya hambar banget. Tapi mau gimana lagi, perut udah teriak minta diisi. Toh mie ayamnya juga habis gak tersisa hahahahahaha. Kita sepakat sebelum tidur, jam 3.00 subuh berangkat lagi. Yoyon pasang alarm, kita langsung tidur semua. Jam 3 Yoyon bangunin gw, tapi gw gak bisa bangun xixixixixi. Jam 03.30 Yoyon bangunin lagi, bilang kalau udah jam 03.30. Gw kaget banget, gw bangun tp ngeliat temen-temen yang lain tidurnya masih pulas banget, kasian dibangunin. Gw bilang ke Yoyon, udah lanjutin ampe pagi Jam 06.00 pada bangun semua, ternyata OB toko udah nyapu ama ngepel tempat kita tidur. Kita diusir secara halus

Kita bangun, ngisi bensin terus lanjut jalan sekalian cari sarapan…

Ternyata salah satu preman Sempruler ada yang takut masuk angin

Setelah perut terisi dan badan suuegeeer lagi, kita lanjut jalan. Sampai saat ini kita sudah 27 jam di jalan. Tapi dengan semangat Semprulnya, kita tidak ada yang menyerah sampai Jogja. Jalan selepas Banjar cukup lancar. Group Semprul bisa jalan tanpa ada kendala. Dan lagi-lagi kita selalu ingat pesan pak Polisi: ”Apabila anda lelah, lapar dan mengantuk, sebaiknya istirahat dan makanlah.” Sampai di sekitar Banyumas kembali rehat sambil cuci muka (padahal udah 30 jam gak mandi hehehehe), ngopi, ngrokok dan cek posisi.

]

Kita tentukan tikum ama Mas Bay (the host and tour guide selama di Jogja hahahaha) di tugu perbatasan Purworejo. Kita jalan lagi sampai mau masuk Banyumas, jalan lumayan rame dan diberlakukan satu arah. Mobil dilewatin jalur lingkar kota. Setelah jalan lancar lagi, kita pada gas puoool semua. Kloter Semprul sempat kepisah lagi karena sempat ada yang ketahan bis. Bisnya gak mau kasih jalan. Setelah bisa lolos dari bis, kita langsung tancap gas semua. Waktu pada ngegas, tau-tau gw liat si Reno berhenti di pinggir jalan. Waktu itu gw belum ngeh kenapa berhenti. Waktu gw minggir gw liat kok ada pulsar merah, punya sapa ini. Eeee ternyata mas Bay (Efek 33 jam riding hahahahaha) Akhirnya Semprulers yang lain pada puter balik.

Setelah sebagian besar kumpul, yang belum ada Yoyon ama McKel. Ya udah kita tunggu. Mas Bay ternyata dapat berita dari Yoyon kalo Yoyon berhenti sendirian, dan Yoyon sedang nyariin si McKel. Glooodaaak, kirain mereka berdua barengan Dasar semprul

Kita rehat sebentar dijamu es sirup ama pisang goreng. Beh pisang gorengnya maknyoooossss.. Karena belum makan siang… Setelah jamuan habis bersih gak ada sisa, kita lanjut ke Jogja. Di jalan, semprulers yang ilang diam-diam masuk ke barisan.. Kloter sudah lengkap,McKel ama Radith pisah di Purworejo menuju Salatiga.

Selepas Wates, jalan lebar mulus lagi, enak buat top speed hehehehe… Satu kejadian selepas Wates, posisi Mas Bay sebagai RC, gw sebagai Sweeper. Di depan ada bus jalan searah ama kita, arah dari berlawanan juga lumayan rame. Kita coba untuk nyalip bis, RC akhirnya bisa nyalip, tapi bis gak mau kasih jalan ama yang belakang (si Reno). Karena ketahan lumayan lama, gw inisiatif buka jalan buat group dengan cara nyalip bis. Ya udah, gw salip group dan mau masuk nyalip bis, eeeeee pas mau nyalip bis, si RC tau-tau nongol di sebelah kiri bis, capee deeeeh RC rolling muterin bis Ya udah barisan kembali ke posisi masing-masing. Gw ama mbon ngakak berdua di belakang hahahahahaha. Akhirnya kita sampai di rumahnya mas Bay jam 16.00 hari Sabtu tanggal 18 Agustus. Perjalanan Jakarta – Jogja ditempuh 36 jam…

Kita mandi, rehat terus makan malam di Ganjuran.. Di Ganjuran juga pada ngelawak, ada yang mau gelimpang dari bangku makan lah, ada yang satenya ilang teriak-teriak kayak sule lah, ada yang dikira preman lahan parkirlah, sampai ada yang berpindah profesi sebagai tukang pijet.. Seru abis semalaman….

Malamnya kita istirahat dengan nyenyak apalagi setelah dipijet….(efek riding 36 jam masih nempel)
Besok paginya, acara relax, kita bangun sebangun-bangunnya. Setelah bangun, gw ma mas Bay lagi ngobrol di ruang tamu, tiba-tiba dengar ada yang gedor pintu ama minta tolong. Ternyata si Nimlot kekunci di kamar mandi. Gw sama mas Bay sempet ngomong kalo yang kekunci si Mbon pasti seru banget tuh Akhirnya kita minta tolong mbon yang buka pintu (dasar berpengalaman cungkil-menyungkil)

Awalnya kita mau jalan muter-muter Jogja, tapi gara-gara nunggu Mbon cuci baju lah, nyapu ama ngepel rumahlah, kita gak jadi jalan sampai sore. Tau-tau ada kabar om Ncent mau dating. Ya udah sekalian makan siang. Kita meluncur ke Condong Catur RM. Tapian Nauli. Makan siangnya ditraktir ama om Ncent, makasih om Ncent,kapan lagi?

Malamnya kita rencana jalan-jalan ke daerah Malioboro tapi macet parah.. Akhirnya kita wisata kuliner lagi. Kali ini kita makan Gudeg di dekat Alkid. Gudegnya muanteeep hehehehe…

Yang jualan ibunya gaul habis. Waktu disini, Mbon dikerjain ama yang jualan. Awalnya ibu yang jualan ngobrol ama gw, si mbon ikut ngantri dibelakang gw. Ibunya nanya ke gw asal dari mana bla bla bla.. Gw jg ceritain bla bla bla… Eh tau-tau si mbon nyaut ikut jawab, si mbon bilang kalau dia tinggal di Jakarta Timur. Ibunya langsung nyolot ke mbon gini: “Saya gak tanya mas.” (sambil nyiapin Gedeg punya gw) gubraaaak sokooooor Mbon… Masa preman disolot ma ibu-ibu

Setelah perut kenyang kita pulang. Sampai di rumah gw gerah banget, pingin mandi biar seger. Ambil handuk langsung masuk ke kamar mandi. Baru pintu ditutup grek, gw baru sadar kalau gw masuk ke kamar mandi yang pintunya rusak. Alamat gw sekarang dikerjain

Beneran, gw minta tolong ke mbon buat dibukain pintu, malah dikerjain. Disuruh ngomong inilah, itulah. Disuruh minta maaf kesemua. Udah gw jalanin semua, daripada gw tidur di kamar mandi Tau-tau orang diluar kamar mandi diam gak ada suara. Gw jadi curiga, eee tau-tau ada flash light dari lubang ventilasi diatas gw kuuuaaaampreeeeet Dasar sempruuuuuul….. Highlight of the night…

VIDEOnya nunggu Yoyon

Besoknya kita semua persiapan buat balik ke Jakarta (gw, Yoyon, mas Bay, Nimlot), ada yang ke Bromo (Mbon), ada yang ke Lombok (Reno). Jam 10 pagi kloter Jakarta berangkat. Si Mbon pisah di Secang menuju Salatiga,untuk nunggu kloter Bromo yang sedang jalan dari Jakarta ke Salatiga.

Sampai di Secang ada rencana dadakan mampir ke rumahnya om Dectus di Sumowono. Ya udah kita belok kanan kea rah Sumowono. Jalannya ama pemandangannya asik juga. Sayang gak sempet poto-poto, RC nya mereng-mereng melulu lupa ngerem Dalam perjalanan ke Sumowono ketemu anak Power yang lagi trouble. Kita bantu cariin pick up…

Akhirnya kita sampai di rumahnya om Dectus jam 12.00. Pas jam makan siang,kita makan opor ayam pake lontong…Hmm nyam nyam nyam… Makasih om Dectus and family atas jamuan dan sambutannya..

Jam 16.00 kita lanjut lewat Limbangan. Waktu di jalan group Semprul papasan ama groupnya Njup and Mimin sedang menuju Sumowono (Ngerti gitu ngapain si Mbon misah ke Salatiga yak ) Dasar semprul

Jam 17.00 kita makan sate dan sum sum di Batang. Makanannya memang nendang banget. Gara-gara ini Yoyon sebagai RC larinya konstan diatas 100 kpj padahal boncengin mas Bay

Kita rehat di pom bensin sebelum masuk Cirebon ketemu anak Djarum Black – Bakalan Madura yang lagi touring Jawa.

Setelah rehat bentar langsung lanjut pulang. Sampai rumah jam 04.00, paginya langsung ngantor

Perjalanan yang seru habis…. Dan pastinya akan ada Kloter Semprul jilid 4

Special thanks buat mas Bay yang bersedia menjadi host buat kloter Sempruler dan Mas Dectus yang sudah menjamu kami..

Dan juga buat kloter Sempruler. Let’s go to another trip

Oleh-oleh dari Jogja….

Karena banyaknya permintaan untuk menampilkan rute Semprulers maka ditongolin aja disini..

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *