Forum

Basic Performance R...
 
Notifications
Clear all

Basic Performance Riding Technique [Throtling Technique]


admin
(@admin)
Kasim Dong Admin
Joined: 2 months ago
Posts: 20
Topic starter  

Originally posted by sheldiez

Power Band
Apa itu Powerband ? powerband adalah rentang tenaga maksimal yang dimiliki motor anda m ulai dari rpm terendah hingga peak power, membuka gas berlebihan melebihi powerband mesin anda adalah hal yang percuma dan tidak efektif, hafalkan peak power atau tenaga maksimum yang dimuntahkan mesin anda pada rpm berapa ? bagi yang tidak memiliki tachometer memang agak sulit tapi dapat dirasakan kok pada saat motor sudah kehabisan tenaga maka itulah peak powernya.

Smooth Throtling
Apa itu Smooth Throttling ? ini adalah teknik dasar membuka grip gas, dimana bukaan gas dilakukan secara halus dan tidak disentak-2 atau kasar, semakin halus bukaan gas maka tenaga motor yang dikeluarkan akan semakin bertahap sehingga akan memudahkan kita untuk mengontrol dari pergerakan motor itu sendiri, terutama ini sangat penting pada saat menaklukan tikungan, buka an gas yang mendadak dan terlalu cepat akan membuat ban belakang kehilangan traksi dan dapat mengacaukan laju motor itu sendiri, menutup dan membuka gas secara halus adalah mutlak harus dikuasai.

Hand Grip Position
Posisi pergelangan tangan anda pada grip gas akan sangat berpengaruh pada teknik anda dalam melakukan smooth throttling, menggenggam grip gas terlalu kuat sangatlah tidak disarankan, karena akan membuat kita menjadi kaku dan otot-2 tegang, peganglah grip gas dengan lembut dan relax, sehingga proses pergelangan tangan saat menutup dan membuka gas akan terasa nyaman.

Finger position
Posisi jari jemari anda di grip gas sangat penting, dimana apabila posisi jari tidak tepat akan membuat pengaturan gas anda kurang baik, salah satu teknik opneing throttle dengan jemari adalah dengan menggunakan jari kelingking dan jari manis yg menarik grip gas sehingga bukaan gas akan lembut, selain itu juga ada teknik opening throttle dengan jempol dan jari telunjuk, teknik ini biasanya digunakan pada saat roll of gas yang cepat dan pada saat yang sama membutuhkan bukaan gas untuk menahan rpm dari mesin

 


Quote
Share: